Senin, 25 Juli 2016

FAQ Part I - Cara Membeli Game di Origin Tanpa Kartu Kredit

halo. ini adalah sambungan dari pos minggu lalu yang menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan ke saya. pertanyaan kedua yang lumayan banyak ditanyakan via email adalah terkait cara membeli game di origin tapi gak punya kartu kredit. pos ini akan terbagi menjadi 2 part dimana part pertama ini akan membahas tentang cara membayar di origin, yang mana saya akan lebih membahas cara membayar menggunakan paypal serta bonus tutorial berupa cara membuka akun paypal yang kena limit. (baca pos lain terkait pertanyaan yang sering ditanyakan disini)

sebenarnya untuk membeli game di origin, ada 2 pilihan pembayaran yang bisa kamu pilih, yaitu kartu kredit dan paypal. untuk kartu kredit sendiri tidak akan saya bahas di pos ini karena caranya yang sudah jelas, tinggal masukkan data kartu kredit dan kamu pun bisa membeli game di origin. pos ini akan lebih difokuskan kepada teman-teman yang ingin membeli game di origin tapi tidak memiliki kartu kredit.

langkah pertama yang kamu perlukan adalah mendaftar di situs paypal. gratis kok.
keterangan angka di gambar: 1 > untuk mendaftar, 2 > jika kamu membuka akun paypal untuk membeli barang, 3 > jika kamu membuka akun paypal untuk menjual barang, 4 > isi identitas yang diminta

nah setelah terdaftar, kamu perlu memverifikasi akun kamu.
apa gunanya verifikasi ini? mengutip dari paypal, ini adalah keuntungan akun kamu diverifikasi:
- mengirim dan menerima uang sebanyak dan sesering yang kamu mau
- meningkatkan kredibilitas kamu dengan pembeli dan penjual diseluruh dunia
- mengirim pembayaran langsung dari akun bank
- mendapatkan jasa ekslusif seperti paypal seller protection
agar bisa mendapatkan verifikasi akun, kamu akan memerlukan kartu kredit. berhubung pos ini membahas membeli game di origin tanpa memiliki kartu kredit, maka kamu akan memerlukan kartu kredit virtual atau VCC (Virtual Credit Card). kamu bisa membeli vcc melalui pencarian di google atau kaskus. ingat, hati-hati dalam mencari penjual. sebagian besar penjual ini biasanya meminta email dan password paypal kamu dan langsung mengurusnya agar akun paypal kamu terverifikasi. kalau bisa, cari seller yang tidak harus memberikan email dan password. tapi kalau gak ketemu, sebagai pengaman, kamu bisa mengganti email kamu ke email lain beberapa hari setelah kamu memverifikasi akun kamu. tapi jangan bebarengan sama hari isi saldo ya, saya dulu gitu, ganti email sehari sebelum isi saldo, langsung deh saya kena limit akunnya hahaha.

nah setelah kamu mendapatkan VCC dan terdaftar sebagai akun verifikasi, saatnya kamu mencari penjual saldo atau istilah lebih kerennya, paypal balance. berbeda jika paypal kamu diverifikasi menggunakan kartu kredit beneran dimana tagihan belanja kamu akan langsung ditagihkan ke kartu kredit kamu. menggunakan vcc mengharuskan kamu membeli saldo dari penjual paypal balance. rata-rata penjual paypal balance ini mengharuskan akun paypal kamu sudah diverifikasi minimal 7 hari untuk menjaga keamanan akun kamu dan akun penjual. karena paypal sangat ketat soal keamanan, kamu mesti hati-hati dalam menggunakan akun paypal kamu, salah sedikit bisa-bisa akun kamu kekunci dan harus diurus dulu biar akunnya bisa digunakan kembali.
berikut adalah hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin membeli saldo setelah verifikasi akun adalah:
- jika ingin membeli saldo, kebanyakan penjual saldo atau paypal balance memberikan syarat minimal 1 minggu setelah akun kamu diverifikasi. bahkan beberapa penjual yang menjual saldo dengan rate harga saldo yang lumayan murah memberikan syarat 1-2 bulan setelah verifikasi. jadi jika kamu berencana untuk membeli barang menggunakan paypal, segeralah membuat akun paypal dan memverfikasinya walaupun rencana membelinya masih lama, supaya ketika kamu ingin isi saldo, kamu gak harus perlu nunggu 7 hari setelah verifikasi lagi
- jika kamu mencari penjual saldo paypal balance, kamu bisa menemukannya di google atau kaskus. tetapi harga yang ditawarkan cukup mahal ditambah dengan fee (biaya transfer dana). alternatif lain, kamu bisa mencari grup facebook yang menjual paypal. biasanya di facebook, harga yang ditawarkan lebih murah, bahkan beberapa tanpa fee. tapi ingat, berhati-hatilah memilih seller. biasanya di grup facebook yang jual paypal, mereka menyediakan tanda verified seller untuk penjual yang bisa dipercaya.
seperti yang sudah saya sampaikan diatas bahwa paypal sangat ketat soal keamanan akun kamu, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika paypal kamu kekunci atau dilimit:
- ingat jika akun kamu dilimit, pemberitahuan akan diberikan melalui email, dan kamu harus ke pusat penyelesaian untuk membuka limit kamu. hati-hati, jika ada email yang masuk yang menyatakan kamu harus mengkonfirmasi akun paypal kamu melalui email, biasanya itu spam. waktu akun saya kelimit, banyak banget spam yangmengatasnamakan paypal masuk ke email saya. jadi harap hati-hati ya. ingat, email dari paypal akan meminta kamu ke pusat penyelesaian untuk cara membuka akun paypal kamu bukan dari email.

- setelah kamu membuka pusat penyelesaian, kamu akan diminta memberikan scan atau foto beberapa dokumen yang membuktikan identitas kamu, seperti kartu identitas untuk membuktikan nama, lembar tagihan dalam 6 bulan terakhir yang membuktikan alamat kamu sama dengan alamat yang kamu cantumkan di akun paypal kamu. setelah selesai meng-upload semua bukti dokumen yang kamu minta, paypal akan memberi kabar terkait apakah limit akun kamu sudah dicabut atau harus ada bukti tambahan lainnya.

untuk kasus saya, paypal juga meminta bukti dokumen saya menjual barang ke si pengirim saldo dikarenakan tempat saya beli saldo mengirim uang tidak disertai keterangan gift sehingga paypal berasumsi bahwa saya menjual barang ke pengirim saldo. ya mana punya saya buktinya. jadi yang kemudian saya lakukan adalah saya meng-upload bukti nama dan bukti alamat tagihan saya. kemudian saya mengirim email menanyakan apakah mungkin limit akun saya dihilangkan hanya dengan 2 bukti saja karena saldo yang saya terima sifatnya adalah hadiah bukan hasil jual barang (email saya tulis dalam bahasa indonesia). ini capture-an dari salah satu percakapan saya dengan cs paypal yang menyatakan kamu bisa pake bahasa indonesia ketika mengirim email. ketika saya bandingin jarak waktu dibalasnya email saya ketika saya menggunakan bahasa indonesia dan bahasa inggris, sama aja sih, jadi buat teman-teman yang pengen kirim email pake bahasa indonesia, gak usah takut dianak-tirikan hehe.

berhubung waktu saya beli saldo itu mepet dengan jam diskon yang diberikan origin, setelah menunggu 2 jam dan email saya belum dibalas, saya pun menelpon paypal-nya langsung. untuk mendapatkan nomor telpon paypal ini, kamu bisa mengklik "hubungi kami" di bagian bawah halaman paypal. muncul dua pilihan yaitu hubungi kami dan pusat pesan. pilih pusat pesan untuk mengirim email dan hubungi kami untuk langsung berbicara dengan cs-nya paypal. ketika kamu mengklik hubungi kami, kamu akan mendapatkan kode angka yang berlaku selama 1 jam yang nantinya akan ditanyakan oleh cs-nya, jadi jangan ditutup ya kode angka tersebut. setelah kamu mendapatkan kode angka tersebut, kamu bisa menelpon paypal yang berlokasi di singapore.

tips buat kamu pengguna telkomsel (maaf saya cuma tau yang telkomsel karena saya pengguna telkomsel hehe), aktifkan paket nelpon ke luar negeri yang promo ke 16 negara (termasuk singapore) dimana kamu cuma bayar 3500 rupiah buat 30 menit nelpon. klik disini untuk melihat cara mengaktifkan paketnya. setelah aktif kamu bisa menggunakan kode 01017 diikuti dengan 65 (kode negara singapore) dan nomor telepon yang diberikan setelah +65. contoh: 01017 65 65104584

setelah itu saya pun menelpon paypal-nya dan diarahkan untuk memilih 1 untuk bahasa inggris dan 2 untuk bahasa mandarin. berhubung saya lebih lancar bahasa inggris, jadilah saya memilih 1 dan kemudian diberikan beberapa pilihan lagi, saya lupa apa aja, tapi kalau mau ngebahas akun yang kena limit pilihnya 1, kalau gak salah dibilangnya limited account and fraud (ini kejadiannya udah agak lama, jadi saya udah lupa-lupa ingat). nah setelah terhubung, kamu sebutin kode yang dikasi paypal tadi (pake bahasa inggris ya) dan setelah itu saya minta buat bicara ke cs yang bisa pake bahasa indonesia. niatnya kan mau mengiba-iba gitu, jadi buat saya lebih nyaman ngomong pake bahasa indo haha.

eh taunya niat bulus saya gak bisa kelaksana, cs yang bisa bahasa indonesianya lagi sibuk, jadilah saya kembali ke cs yang berbahasa inggris. ya sudahlah saya mengiba-iba pake bahasa inggris aja. pertamanya saya bilang, saya gak punya dokumen yang membuktikan saya menjual barang karena emang saya gak jualan. saldo yang saya dapat ini ceritanya saya dapat dari sepupu saya yang mau saya gunakan untuk beli game online. (saya rada boong soal si penjual yang saya aku-aku jadi sepupu, biar rada masuk akal kenapa ada orang mau ngirim saldo lumayan gede ke paypal saya hehe << paypal kan sebenernya gak boleh pake vcc, kalau bilang saya beli terus ntar mereka jadi curiga saya pake vcc kan nambah masalah entar.) sama cs-nya dibilangin ya udah gak apa-apa dengan 2 dokumen itu aja, mereka akan kabari saya dalam 1x24 jam.

taunya dalam (kurang lebih ya ini, ingatan saya jelek soalnya) 6 jam saja, akun saya pulih kembali. muahaha. langsunglah saya buka origin dan segera membeli game yang saya inginkan. eh gak cuma sampai disitu, 2 hari kemudian, saya dikirim email sama paypalnya sebagai apresiasi karena saya memanfaatkan jasa mereka secara maksimal, saya dikirimin $10 dong sama paypal hehe. seneng banget deh saya. padahal waktu akun limit itu, saya udah mau nyerah pake paypal dan mau nungguin perpanjangan cc saya yang lama banget sampenya. eh taunya, malah dapet apresiasi kayak gini, akhirnya walau sekarang cc saya udah sampe, saya tetap pake paypal buat belanja di origin hehe.

asik kan? hehe. jadi buat teman-teman yang pake paypal gak usah takut kalau akunnya kena limit. saya rasa hampir semua yang punya paypal pasti pernah ngalamin akunnya kena limit, yang penting tetap tenang dan lakukan apa yang paypal minta, gak lama pasti akun kamu kebuka selama kamu gak melakukan aktivitas ilegal ya. buat yang bahasa inggrisnya gak lancar juga gak masalah, kalau nelpon ada cs bahasa indonesianya (tapi harus mau nunggu kalau csnya lagi sibuk hehe), ngirim email juga boleh pake bahasa indonesia, balasannya pake bahasa inggris bisa diterjemahkan pake google translate atau tanya teman yang bahasa inggrisnya lebih lancar. seperti kata pepatah, ada banyak jalan ke roma kok ;)

sekian dulu pos saya kali ini, maaf jika ada salah ketik dan mohon infonya jika ada penjelasan saya yang salah. saya cuma membagikan info berdasarkan apa yang saya ketahui aja. silakan baca part berikutnya yang akan membahas langkah-langkah dalam membeli game di origin serta tips cara membeli game origin dengan harga yang lebih murah dari yang tercantum di website origin disini.