Kamis, 15 Oktober 2015

Cara menulis rumus ms.excel

RUMUS MS.EXCEL LENGKAP


     Selamat datang di Surya Tutorial ku. Dalam tutorial kali ini, saya akan membahas tentang cara penulisan rumus dalam ms.excel. Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif, simpel akan memudahkan Anda dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.


ms.excel

Setiap rumus di dalam ms.excel memilik fungsi tersendiri. Oleh karena itu jika anda sudah bisa rumus-rumusnya, tinggal anda buat saja penampilan yang cocok di hati anda. Ok, langsung saja ke pembahasan. Dalam artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menulis rumus ms.excel. Mungkin bagi yang sudah mahir dalam ms.excel ini sangat biasa tetapi bagi yang pemula akan bermanfaat. Karna saya sendiri dulu pernah menjadi pemula :) . Berikut adalah penjelasanya.

Cara Menulis Rumus Excel
Disini saya akan mencontohkan dengan beberapa cara untuk menuliskan rumus ms.excel :

Cara 1: Menulis rumus dengan mengetikkan angka langsung

1. Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus akan ditampilkan
2. Pada formula bar, ketikkan = 40000+23000, lalu tekan tombol enter. (isikan angka berapa saja sesuai keinginan anda).
Keterangan : Menulis rumus dengan cara ini cukup mudah kalau rumusnya sederhana dan pendek serta angkanya tetap.

Cara 2: Menulis rumus dengan menggunakan alamat sel / kolom

1. Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus ditampilkan
2. Pada formula bar, ketikkan = C4+C5, lalu tekan tombol enter.
Keterangan : Menulis rumus dengan cara ini sangat bermanfaat jika datanya sering berubah.

Cara 3: Menulis rumus dengan bantuan mouse

1. Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus akan ditampilkan
2. Ketikkan = , kemudian pilih dan klik sel C4
3. Ketik +, kemudian pilih dan klik sel C5
4. Tekan tombol enter
Keterangan : Menulis rumus dengan cara ini sangat dianjurkan karena memperkecil kemungkinan salah ketik alamat sel.

Nah........ Mudah bukan cara menuliskan rumus ms.excel, jika anda sudah mahir dalam penulisan ms.excel sekarang mari kita lanjutkan pembahasannya.

Simbol matematika yang sering digunakan dalam ms.excel adalah sebagai berikut :

  • + (ikon plus) berfungsi sebagai penjumlahan. Contoh : =A1+A2
  •  - (ikon minus) berfungsi sebagai pengurangan. Contoh : =A3-A4
  • * (ikon bintang) berfungsi sebagai perkalian. Contoh : =A5*A6
  • / (ikon garis miring) berfungsi sebagai pembagian. Contoh : =A7/A8
  • ^ (ikon caret) berfungsi sebagai pemangkatan. Contoh : =A9^2
  • % (ikon persen) berfungsi sebagai persen dari angka yang dimaksud. Contoh : =A1*10%
Itulah simbol matematika yang sering di gunakan dalam ms.excel. Karena dalam artikel ini sudah terlalu panjang, Selanjutnya untuk contoh dalam penerapan membuat aplikasi pada ms.excel, saya buat tutorial lainya. KLIK DISINI