Jumat, 25 Maret 2016

Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot

 Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot - Blogger adalah salah satulah satu layanan atau platform yang paling banyak di pakai di Indonesia.Tetapi,blogger bukan hanya satu - satunya yang sering di pakai di Indonesia,melainkan ada dua lagi yang saya ketahui yaitu : Wordpress Hosted dan Wordpress Self - Hosted.

Cara Membuat Blog Gratis  di Blogspot

Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot

" Apa itu Blog ? "

 Blog atau web - log adalah sebuah aplikasi web yang terdiri dari beberapa halaman yang terdapat tulisan,gambar,video pribadi secara online .selain itu juga bisa digunakan untuk mengekspresikan diri kepada dunia,sebagai tempat untuk berbagi pikiran dan gairah hidup anda.anda bisa menulis apa saja yang anda inginkan melalui media Blog. Wikipedia

 Kali ini saya pengurus blog Tutorialku akan memberikan tutorial mengenai cara membuat blog di Blogspot.tetapi,saya tidak hanya membahas mengenai cara membuatnya saja,melainkan dengan berbagai aktivitas,pengaturan,dan lain- lain yang bisa di lakukan di blog.

" Apa saja sih yang bisa dilakukan di blog ? "

  Pertanyaan itu sebenarnya sudah tidak asing lagi di telinga saya dan para blogger di Indonesia.sebenarnya,sudah ribuan bahkan jutaan orang mencari apa saja yang bisa di lakukan di blog.

Kegunaan - Kegunaan Blog

1.Sebagai Media Mencari Informasi


 Sekarang sudah banyak orang yang mencari informasi - informasi melalui media internet.dan di sana sudah banyak sekali blog - blog yang sudah menyiapkan topik yang anda cari.

2.Sebagai Media Untuk Catatan Pribadi

 Banyak blogger  - blogger indonesia yang membahas topik mengenai diri mereka masing - masing.anda bisa mengekspresikan kehidupan anda di blog dengan membuat artikel - artikel yang anda inginkan.

3.Blog Sebagai Tempat Menyimpan Iklan Produk

 Anda bisa membuat kesepakatan dengan pemilik blog yang ingin anda tempatkan iklan.biasanya blog yang menyediakan tempat iklan akan ada barner tempat untuk menyimpan iklan anda.

4.Blog Sebagai Media Download dan steaming

 Banyak orang - orang yang mendownload melalui media blog.saya juga termasuk orang yang suka mendownload di media blog.misalnya saya atau anda mendownload aplikasi,musik,game,film.atau anda bisa steaming di blog - blog yang menyediakan tempat steaming. itu,berarti blog bisa di jadikan sebagai media yang bagus.

5.Blog Sebagai Media Penghasilan

 Siapa sih yang enggak mau menghasilkan uang hanya dengan menulis ? semua orang pasti ingin menghasilkan uang hanya dengan menulis artikel.Saya juga termasuk kedalam kelompok orang yang ingin menghasilkan uang melalui media blog.

 Dengan fungsi - fungsi blog di atas anda pasti akan mudah memahami kegunaan yang ada di dalam layanan blog.setelah anda mengetahui semua hal tersebut pasti anda berpikiran untuk membuat blog yang lebih keren dari milik para blogger terbaik di Indonesia.

 Namun,untuk membuat blog se-keren para blogger terbaik di Indonesia anda harus tahu terlebih dahulu apa saja yang harus di persiapkan untuk membuat sebuah blog.

 Ada beberapa hal yang harus anda persiapkan untuk membuat sebuah blog.saya akan memberitahu anda beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika akan membuat sebuah blog.

" Apa sih tujuan kita mempersiapkan perencanaan membuat blog ? "

 Tujuannya tidak lain agar anda benar - benar serius dalam membuat dan mengembangkan blog ke-depannya.perencanaan membuat sebuah blog sangat luar biasa pentingnya,supaya anda tidak membuang - buang waktu,tenaga dan uang.

 Hampir semua blogger gagal dalam kurun waktu 1 -3 bulan pertama,.. dan hanya sedikit yang berhasil mengalami masa krusial tersebut dan akhirnya menjadi seorang blogger sukses.

" Apa Penyebab Blogger gagal pada 1 - 3 bulan pertama? "

 Jawabannya sangat mudah yaitu karena mereka membuat blog secara asal - asalan.jadi,saya tekankan kepada anda bila anda ingin membuat sebuah  blog anda harus membuat dan mengembangkan blog tersebut secara serius.

 Gara - gara tidak serius : Topik yang campur aduk,konten yang tidak berkualitas,promosi tidak jelas dan masih banyak lagi yang diakibatkan hanya karena tidak serius dalam nge-blog.

 Maka dari itu saya akan membantu anda dalam mempersiapkan apa saja yang perlu anda ketahui untuk menjadi seorang blogger yang mempunyai masa depan yang cerah.silahkan anda simak beberapa hal berikut ini.

Hal -Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Nge-Blog

1.Tentukan Topik

 Kunci yang pertama untuk membuat sebuah blog adalah memilih topik dengan kemampuan yang jangkauan anda.jadi,anda harus menguasai topik yang akan anda ambil dalam membuat dan mengembangkan sebuah blog.

 Anda juga harus menentukan sebuah topik yang benar - benar berkualitas yang dapat membuat orang tertarik dengan topik blog anda.

2.Pilih Domain

 Jika memungkinkan pilihlah domain di awal anda membuat blog.karena domain akan selalu melekat dengan blog anda,meskipun sebenarnya bisa di ganti kapan saja yang anda iginkan.namun,salah sedikit saja akan berakibat fatal bagi kelangsungan blog anda.

 Bila anda ingin memilih sebuah domain silahkan anda perhatikan hal - hal berikut sebelum anda menggunakan domain pada blog anda.

1.Sesuaikan dengan topik blog anda.
2.Mudah ditulis,diingat,dan diucapkan
3.Bila memungkinkan saya sarankan untuk memilih .com
4.Hindari tanda strip/ ( - ) dan angka
5.Jangan menggunakan merek orang lain

 Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih domain.

3.Konsisten

 Terakhir yang paling penting adalah anda harus konsisten dalam hal nge-blog.karena konsisten adalah salah satu hal yang sangat penting untuk di lakukan di dunia bloging.anda juga harus tahu satu hal ini bahwa konsisten bisa memudahkan anda untuk mencapai tujuan anda di dalam nge-blog.

 Nah,bagi anda yang sudah paham tentang blog,saya akan mengajarkan anda bagaimana cara membuat blog di platform blogspot.bagi anda yang sudah lelah dan ingin segera membuat sebuah blog silahkan anda baca tutorial lengkapnya di bawah ini.

Bagaimana Cara Membuat Blog ? 

 Untuk cara membuat blog sebenarnya sangat mudah.namun,tidak sedikit orang juga yang tidak tahu bagaimana cara membuat sebuah blog tanpa biaya atau bisa dikatakan Blog free version.ya... tanpa modal sedikitpun.asalkan anda bisa terhubung ke internet pasti anda bisa dengan mudah untuk membuat sebuah blog.

 Oke,untuk cara membuat blog di blogspot silahkan anda ikuti saja Langkah Membuat Blog berikut ini.

1.Buat Akun Google Mail ( G-Mail ) terlebih dahulu

 Pertama -tama anda harus mempunyai akun G-mail terlebih dahulu.jika belum punya silahkan anda lihat artikel yang satu ini.

Baca :



 Sekarang kamu pastinya sudah tahukan cara membuat Google Mail ( G-mail ) itu seperti apa... nah,kalo udah tahu  saya akan memberi tahu anda apa kegunaan G-mail untuk Blog.

 " Sebelum saya memberitahu anda apakah sudah ada yang tahu belum kegunaan G-mail untuk blog? "

 Bagi anda yang belu tahu saya akan memberitahu apa kegunaan G-mail untuk blog.kegunaan G-mail untuk blog yaitu sebagai salah satu persyaratan membuat blog,untuk login ke akun blog anda.selain itu G-mail juga sangat berguna untuk verifikasi bila anda ingin daftar apa saja yang berkaitan dengan blog.

2.Kunjungi Halaman Blogger

 Silahkan anda pergi ke-google dan cari " blogger.com " setelah anda berhasil menemukan pencarian blogger.com silahkan anda buka dan akan tampil menu seperti di bawah ini.


Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot

 Setelah anda berhasil masuk ke Blogger pertama - tama anda akan di minta untuk memasukkan email yang telah anda buat tadi atau yang udah pada punya tinggal masukkan email dan kata sandi anda.

3.Mulai Membuat Blog

Setelah anda berhasil masuk ke blogger,silahkan anda cari ikon " Blog Baru " atau anda bisa melihatnya di gambar berikut ini.


Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot

4.Masukkan Identitas Blog

Setelah itu silahkan anda masukkan data - datanya.silahkan anda lihat gambar berikut ini.


Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot


lihat ada 4 langkah yang perlu anda isi.bila anda bingung silahkan anda baca keterangan berikut ini.

Keterangan :
  • Judul : Di langkah pertama silahkan anda masukkan nama yang akan anda gunakan di dalam blog anda.setelan tersebut bisa di ganti kapan saja sesuai dengan yang anda mau.saya sarankan anda membuat judul blog sesuai dengan tema yang anda inginkan agar mudah terindex google.
  • Alamat : Untuk alamat blog anda anda bisa membuatnya sendiri misalnya : ujehendrawan.blogspot.com.namun,anda harus ingat satu hal bahwa akan ada tanda seru ( ! ) berwarna kuning jika ada alamat ayng sama dengan yang anda buat.dan jika benar akan ada tanda centang berwarna biru.
  • Template : untuk langkah yang satu ini pasti anda cukup bingung ya.... lihat lah gambar diatas pasti ada beberapa gambar.nah,gambar - gambar tersebut adalah gambaran tampilan blog anda nantinya.tapi jika anda ingin template yang lebih keren lagi anda bisa mengubahnya nanti pada saat blog anda sudah jadi. 
           
  Download template untuk Mempercantik blog anda!!
  • Buat Blog : Pilih ikon " Buat Blog " untuk membuat atau men-save tampilan dan pilihan yang telah anda tetapkan.dan blog anda sudah siap di sajikan dan diisi artikel.anda juga bisa melakukan penawaran bisnis di blog anda.
Jangan Lupa baca : 

  Untuk proses pembuatan artikel dan fungsi - fungsi di dalam blog saya akan jelaskan melalui salah satu artikel saya.tapi sebelumnya mohon maaf karena artikelnya sedang dalam proses pembuatan silahkan anda tunggu saja update terbaru dari Tutorialku

 Sepertinya saya sudahi artikel saya kali ini yang berjudul " Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot " mengingat artikelnya sudah cukup jelas dan panjang.bila ada yang tidak di mengerti silahkan anda tanyakan di komentar.terimakasih dan semoga artikel saya kali ini dapat membantu anda.