Senin, 14 Maret 2016

Cara Mudah Menghemat Kuota Streaming Youtube hingga 200%

Cara Mudah Menghemat Kuota Streaming Youtube hingga 200%

   Trend Youtube di Indonesia kian marak. Apalagi sejak awal 2016 ini banyak operator jaringan internet yang mulai menyediakan jaringan 4G LTE, ditambah trend Vlogger atau "Video Blogger" yang telah menjamur dan menjadi viral di kalangan anak muda, membuat youtube tidak lagi dianggap sekedar "aplikasi nonton video" belaka, tapi juga nyaris berubah fungsi menjadi media sosial. 

   Namun seperti yang sudah pernah Saya jelaskan pada postingan Cara Lengkap Atasi Kuota Internet yang Boros, bahwa Youtube bisa menyedot kuota hingga 50MB per menitnya. Bayangkan jika kamu membeli paket internet 2GB sementara setiap harinya kamu menonton 2 video berdurasi 10 menit di Youtube. Kira-kira berapa banyak uang yang kamu habiskan setiap bulannya hanya untuk membeli paket internet?

   Tapi kalau kamu tetep pengen nonton meski kuota hampir sekarat, berikut akan Saya bahas Cara Mudah Menghemat Kuota Streaming Youtube hingga 200% menggunakan aplikasi Opera Mini Web Browser dan Opera Max, jadi pastikan kalau kamu sudah mendownload aplikasinya di Playstore. 


Aktifkan Video Boost di Opera Mini

  • Buka Opera Mini, lalu pilih logo opera di kanan bawah. Ubah mode penghematan ke Tinggi dan pastikan fitur Video Boost sudah kamu centang.
Opera Mini Web Browser

  • Kemudian masuk ke pengaturan, pilih layout. Lalu ubah layout ke Mode Tablet.
Opera Mini Web Browser


Aktifkan Penghematan Data di Opera Max

   Opera Max adalah aplikasi manajer data dan penghemat data. Untuk mengaktifkan penghematan data Opera Max ikuti cara-cara berikut:

  • Nyalakan Opera Max. Kemudian pilih opsi pengaturan.
Opera Max

  • Pada kategori penghematan, atur penghematan data dan penghematan Wi-Fi ke tinggi.
Opera Max


   Nah, sekarang kamu bisa bebas ber-Youtube-an tanpa khawatir dengan kuota yang hampir sekarat. 


Sekian dan semoga bermanfaat.


Referensi:
https://jalantikus.com/tips/cara-streaming-youtube-hemat-kuota/
*dengan penambahan seperlunya